Glass Disc 5D Ini Bisa Simpan 400 Ribu Film HD Dan Tahan Hingga 13 Miliar Tahun


Jika biasanya kita sudah sering menjumpai kepingan CD yang dapat menyimpan data maksimal hingga 700MB, DVD yang dapat menyimpan hingga 9,4GB (DVD-9), dan Blu-Ray yang dapat menyimpan hingga 50GB.

Seiring dengan berjalannya waktu teknologi semakin hari semakin tidak bisa ditebak. Kemutakhirannya pun semakin lama semakin cepat seiring dengan berkembangnya daya tangkap otak manusia.

Sebuah berita menghebohkan akhirnya muncul di Inggris ketika para ilmuwan di University of Southampton's Optical Research Center baru saja mengumumkan bahwa mereka berhasil membuat media penyimpanan data 5 dimensi.


Media penyimpanan tersebut mampu menyimpan 350TB data per disknya, dapat menahan suhu hingga 1,000°C (1,832°F) dan diperkirakan dapat bertahan hingga  13,8 miliar tahun pada suhu ruangan. Setiap file terdiri dari 3 lapisan titik nano. Titik-titik ini mengubah polarisasi cahaya perjalanan melalui disk yang dibaca dengan menggunakan mikroskop dan polarizer.


Tim peneliti awalnya mendemonstrasikan teknologi ini pada tahun 2013 meskipun pada saat itu mereka hanya bisa memuat file teks 300 KB ke disk. Dalam tiga tahun sejak demonstrasi pertama mereka, mereka telah menyempurnakan teknik rekaman dan mencatat keseluruhan dari Universal Declaration of Human Rights (UDHR), Newton Opticks, Magna Carta dan Kings James Bible.

Profesor Peter Kazansky dari ORC mengatakan, “Ini adalah mendebarkan untuk berpikir bahwa kita telah menciptakan teknologi untuk melestarikan dokumen dan informasi dan menyimpannya dalam ruang untuk generasi mendatang, teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita. Semua yang telah kita pelajari tidak akan dilupakan.

0 komentar :

Posting Komentar